Banner 728x90 pxl

Rabu, 19 Januari 2011

Sakit Tenggorokan (Faringitis)

definisi

Peradangan atau infeksi pada laring di tenggorokan

penyebab


Sakit tenggorokan dapat mempunyai banyak sebab-sebab termasuk:
  1. Virus-virus yang umum, dan bahkan virus-virus yang menyebabkan mononucleosis (mono) dan flu, dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Beberapa virus-virus dapat juga menghasilkan blisters(gelembung-gelembung) dalam mulut dan tenggorokan ("aphthous stomatitis").
  2. Bernapas melalui mulut dapat menghasilkan kekeringan dan luka-luka tenggorokan.
  3. Sinus drainage (post nasal drip) mungkin menyebabkan sakit tenggorokan.
  4. Sakit tenggorokan dapat juga disebabkan oleh bakteri-bakteri. Dua bakteri-bakteri yang paling umum yang menyebabkan sakit tenggorokan adalah Streptococcus (yang menyebabkan strep throat atau sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri stretokokus) dan Arcanobacterium haemolyticum. Arcanobacterium menyebabkan luka-luka tenggorokan terutama pada dewasa-dewasa muda dan adakalanya berhubungan dengan ruam merah yang halus.
  5. Sakit tenggorokan yang timbul setelah perawatan dengan antibiotik-antibiotik, kemoterapi, atau obat-obat lain yang mengkompromikan imun mungkin disebabkan oleh Candida, umumnya dikenal sebagai "thrush".
  6. Sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari dua minggu dapat menjadi tanda dari penyakit yang serius, seperti kanker tenggorokan atau AIDS.


gejala

  • Sakit tenggorokan
  • Tenggorokan merah
  • Benjolan di kerongkongan 
  • Demam
  • Sakit kepala


pengobatan

Terapi dan pengobatan radang tenggorokan: 
Penyebab
Terapi dan Pengobatan
Kuman dan Bakteri (strep throat)
Diperlukan antibiotik yang harus dikonsumsi secara tuntas dan kontinue selama minimal 5 hari, dengan tujuan membunuh kuman atau bakteri secara tuntas juga untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi lanjutan yang tambah parah.
Virus, Batuk pilek dan Alergi
(sore throat)
Tidak diperlukan antibiotik, namun yang diobati adalah gejala yang timbul, misalnya obat penurun panas untuk mengatasi demam dan diberikan obat anastetik untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan.
Dapat sembuh tanpa pengobatan + 3 – 7 hari, dan diperlukan istirahat yang cukup.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Categories

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger